Mengenal Motherboard/Mainboard

Motherboard merupakan salah satu komponen hardware paling penting dalam komputer. Jika tidak ada motherboard tentu kita tidak bisa menghidupkan komputer, karena komputer harus memiliki hardware dan hardware tidak akan berjalan tanpa ada software, software tidak berarti apa apa tanpa ada user

Pengertian Motherboard/Mainboard

Motherboard adalah bagian perangkat keras (hardware) dari komputer yang berbentuk papan. Yang didalamnya terdapat RAM, processor, kipas, VGA card, dll. Komponen-komponen komputer seperti mouse, keyboard, USB port dihubungkan melalui motherboard. Maka dari itu Motherboard adalah komponen yang penting dan sangat utama bagi komputer, bahkan perangkat keras ini juga disebut 'otak dari komputer'

Fungsi utama motherboard adalah tempat memasang komponen-komponen dalam komputer seperti VGA, power supply, RAM, soket kartu tambahan (PCI, AGP), harddisk dll agar semua itu saling terhubung.

Bagi anda yang suka merakit komputer saya berikan sedikit tips memilih motherboard.
Tentukanlah tujuan penggunaan komputer anda jika hanya untuk urusan standar pilihlah motherboard dengan spesifikasi kalangan rendah, bila keperluannya untuk misalnya bermain game atau home entertainment pilih motherboard dengan spesifikasi lebih tinggi dan harganya pun juga tinggi.

Memilih ukuran motherboard, motherboard memiliki dua ukuran yang disebut ATX dan Micro-ATX. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan CPU yang anda gunakan. Dan jangan lupa untuk memilih Chipset yang tepat karena chipset merupakan 'jantung' dari motherboard. Contohnya mendukung RAM DDR/DDR2 atau Harddisk serial SATA dsb.

Dan sebaiknya pilih juga motherboard dengan merk terkenal seperti ASUS, Gigabyte, ACER, Leadtek, EVGA, MSI, FOXCONN, BIOSTAR, Magic Pro dll.

Sekian semoga bermanfa'at...

  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »