Tutorial Lengkap Membuat Animasi Teks di Adobe After Effect

   Halo, lama tak jumpa hahaha... kebetulan beberapa hari ini saya sedang ada tugas untuk membuat film dokumenter, tentunya software after effect sangat diperlukan untuk membuat project ini terlihat bagus. Bagi kamu yang membaca artikel ini saya sangat terkesan karena kamu ada kemauan untuk belajar. Oke sebagai contoh kejadian saya sekarang yang sedang mengerjakan project film dokumenter software yang dibutuhkan adalah Adobe Premiere dan Adobe After Effect. Kedua software ini sangat berhubungan untuk membuat project seperti fim, video ataupun iklan terlihat mengesankan. Fungsi premiere sendiri untuk mengedit/mengatur penempatan video bisa juga untuk memberi effect pada video atau memberi suara pada video. Sedangkan after effect digunakan untuk memberi animasi pada video tersebut agar terlihat mengesankan. Menurut saya sebuah project video atau film tanpa animasi bagaikan sayur tanpa garam hahaha.
   Baiklah kita mulai tutorial ini dari animasi yang sederhana yaitu membuat animasi teks.Teks kadang diperlukan untuk memperjelas apa yang ada dalam video tersebut. Pemberian teks ini penting sekali jika anda membuat project iklan. Oke kita langsung saja mulai tutorialnya:

1. Pastikan di PC anda sudah terinstall software Adobe After Effect (ya kalo ga ada ga bisa :v) lalu buka software tersebut.
2. Lalu pilih menu Composition >> New Composition

3. Buat teks yang kamu inginkan, kamu juga dapat mengatur size, posisi, rotasi, ketebalan teks di              timeline

4. Nah sekarang kita buat animasi pada teks tersebut, caranya pilih menu Effects & Presets yang ada di sebelah kanan atau jika masih bingung bisa lihat gambar dibawah ini

5. Lalu pada menu Effects & Presets klik panah yang ada disebelah kiri pada tulisan Animation Presets, klik panah lagi pada pada folder Text, lalu pilih animasi yang kamu mau. Disini saya pakai animasi 3D Fall Back Scramble & Blur sebagai contoh.

6. Sekarang coba play untuk melihat animasinya, caranya pilih menu Preview lalu klik icon play.

7. Nah itu dia animasinya, jika kamu kurang suka dengan animasi tersebut kamu bisa undo dan coba animasi yang lain.

8. Kamu bisa mengatur animasi tersebut pada timeline yang ada dibawah. Disitu kamu dapat mengatur animasi yang akan ditampilkan seperti apa dan bisa juga mengatur waktu animasi tersebut berlangsung.

Selesai deh, Mudah kan? Nanti saya akan posting tutorial lainnya mengenai after effect. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar.. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »