Review Fitur OS Marshmallow di Android One


 "Marshmallow" ialah nama resmi yang diberikan google untuk OS versi 6.0. Android one saya sekitar 2 minggu yang lalu baru saja mendapat updatean Marshmallow. Updatean tersebut diberikan secara bergilir oleh google dan saya pun tidak tahu pasti bagaimana google membagi updatean tersebut. Saya akan ulas sedikit tentang si Marshmallow ini di Android one dan juga bagi yang masih ragu untuk update HP nya ke marshmallow. Review ini asli di screenshot dari HP Android one saya jadi tidak copas.

1. Multi User

Di Android one fitur multi user ini belum berjalan secara optimal user diharuskan melakukan rooting dulu untuk bisa mengaktifkan fitur ini, tetapi sekarang anda bisa menggunakan fitur multi user ini yang terdapat pilihan opsi nya di setting. Fitur ini berguna jika teman anda meminjam HP anda agar privasi terjaga, ketika HP sedang dipinjam anda bisa switch ke user yang lain.

2. App Permissions

Fitur yang satu ini mirip 'SuperSU' yaitu tidak semua aplikasi memiliki izin untuk mengakses file, foto, dll. Ada beberapa yang bertanya di grup facebook Android one yang intinya begini "Mengapa saya tidak bisa membuka aplikasi ini?" mungkin salah satu penyebabnya ada di fitur ini, anda bisa mengaturnya di Setting > Apps > Pilih aplikasi tersebut > Pilih permission.

3. Tampilan games baru

Hahaha games ini adalah bawaan dari OS. Menurut saya susah sekali games ini high skor saya saja cuma 5, mungkin skor anda melebihi skor saya? silahkan sebutkan di kolom komentar, oh iya cara bermain games ini di Setting > Tentang telepon

4. Google Now On Tap

 Fitur yang satu ini sangat memudahkan bagi anda yang ingin tau informasi secara cepat, jadi pengguna bisa tau maksud dari informasi yang ditemmukan saat itu, coba saja temukan sebuah informasi atau artikel lalu tekan tombol home maka akan muncul seperti gambar di atas.

5. Boot Animation baru

Google mengubah boot animation yang berbeda pada OS Marshmallow kali ini. Menurut saya cukup keren dari segi animasinya, mungkin jika anda ingin lihat boot animasinya silahkan cari di youtube.

6. System UI Tuner
Cara mengaktifkan fitur ini dengan menarik jendela notifikasi lalu tekan dan tahan ikon setting yang berbentuk gir, jika berhasil anda akan melihat pesan pop-up, "Selamat! System UI Tuner telah ditambahkan ke Settings.". Fungsi System UI Tuner ini adalah untuk merubah dan mengatur quick toggle tiles dan juga mengubah atau menghapus item dari status bar dan bahkan masuk ke modus Demo.

7. Menyatukan External dan Internal storage menjadi satu
 Jika anda sudah mengupdate android one anda ke marshmallow pasti di status bar ada pesan untuk pilihan menjadikan external sebagai internal atau tetap portable storage yaitu data dan aplikasi tetap berada di internal dan external (SD Card) tetap sebagaimana fungsinya. Tetapi perlu diketahui, jika anda memilih untuk menyatukan Internal dan External storage menjadi satu file dan folder yang ada di SD Card akan diformat jadi backup dulu file-file yang penting. Selain itu SD card anda tidak bisa digunakan di HP lain jadi hanya akan terbaca di HP anda termasuk di PC pun tak terbaca, jadi pikirkan matang-matang tentang itu. Dan dari pengalaman saya jika anda memilih internal dan external menyatu anda harus memiliki SD Card minimal 16 GB. Tetapi jika anda sudah berhasil menyatukan keduanya anda bisa memindahkan data dan aplikasi ke external jadi tidak harus takut lagi jika internal anda penuh.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »